NAMA : LALU MUHAMMAD BANU FEBRIANTO
NIM : TI10130018
SEMESTER : IV (EMPAT)
JURUSAN : TEKNIK INFORMATIKA
"1. Cari berbagai ragam jenis hardware interface
- fungsi
- cara kerja
2. hirarki
- mouse
- keyboard
- monitor
NB : post pada weblog anda kemudian kirim link via FB/Email"
Tapi, sebelumnya apa sih Interface itu vro?
Dalam terminologi perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berinteraksi dengan penggunanya. Sedangkan dalam terminologi perangkat keras, interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem. Pengantarmukaan pheriperal komputer merupakan suatu istilah secara harfiah, berarti penghubung antar komputer, baik dengan komputer atau perangkat lain. Istilah pengantarmukaan pheriperal komputer lebih dikenal dengan istilah Interface komputer / Interfacing. Interfacing adalah perangkat yang diimplementasikan dari rangkaian elektronika.
Kenapa Interface itu di perlukan?
Penggunaan interface diperlukan apabila kita mempunyai banyak class yang sudah kompleks dan saling berhubungan, kita perlu penyeragaman untuk mengelompokkan tiap-tiap fungsi yang dipakai karena bisa saja fungsi itu sama kegunaannya tapi berbeda implementasinya. Sebagai contoh kita ambil saja pc dalam pc desktop terdiri dari bermacam-macam hardware seperti cpu, monitor, keyboard, mouse dll dan beberapa program aplikasi (software) dimana hardware dan software tadi dihubungkan dengan yang namanya system operasi dan tampilan yang dihasilkan oleh gabungan system tadi disebut antarmuka (interface).
Interface Hardware
Antarmuka perangkat keras yang ada di sistem komputasi antara banyak komponen seperti berbagai bis, perangkat penyimpanan, lainnya I / O device, dll. Sebuah antarmuka hardware dijelaskan oleh, sinyal mekanik listrik dan logis di antarmuka dan protokol untuk sequencing mereka (kadang disebut sinyal). Sebuah antarmuka standar, seperti SCSI, decouples desain dan pengenalan perangkat keras komputer, seperti perangkat I / O, dari desain dan pengenalan komponen lain dari sistem komputer, sehingga memungkinkan pengguna dan fleksibilitas produsen besar dalam pelaksanaan sistem komputasi. Interface Hardware bisa paralel di mana kinerja adalah penting atau serial mana jarak adalah penting.
Interface Software
- Software interfaces (Antarmuka perangkat lunak)
- Software interfaces in practice (Antarmuka perangkat lunak dalam praktek)
- Software interfaces in object oriented languages (Perankat lunak antarmuka dalam bahasa berorientasi objek)
- Programming to the interface (Pemrograman ke antarmuka).
Fungsi
utama Hardware Interface itu sendiri adalah menjalankan sekumpulan perintah atau instruksi
yang diberikan, dan mengeluarkannya dalam bentuk informasi.
Perintah-perintah tersebut terdapat pada perangkat lunak (Software).
Jadi, Hardware Interface fungsinya adalah menjalankan software.
Tapi, apa aja sih yang termasuk Hardware Interface itu? *kepo vro*
A. Perangkat Masukan (Input Device).
Periferal
masukan atau input device adalah perangkat keras yang berfungsi untuk
memasukkan data/instruksi ke dalam CPU (central processing unit)
komputer sebagai perangkat pemrosesan komputer. Perangkat yang termasuk
ke dalam periferal masukan di antaranya sebagai berikut :
1. Keyboard
Keyboard
adalah alat yang berfungsi untuk memasukkan data/instruksi berupa
kode-kode ke komputer melalui penekanan tombol-tombol (tuts). Ketika
menekan salah satu tombol maka sinyal listrik dikirim ke komputer.
Sinyal tersebut akan diterjemahkan sebagai nilai biner. Nilai inilah
yang akan dikonversikan dan akan disimpan pada RAM komputer kemudian
akan dimunculkan pada layar.
2. Mouse
Mouse
berfungsi untuk mengatur posisi kursor pada layar monitor, menggeser
gambar (image), memilih dan menjalankan menu atau ikon. Cara kerja mouse
adalah bola karet mouse yang menyentuh permukaan akan bergerak saat
mouse digerakkan. Bola tersebut akan menggeser kedua batang roda. Batang
roda yang satu akan mewakili gerakan mouse secara vertikal (arah x),
sedangkan batang roda lainnya akan mewakili gerakan mouse secara
horizontal (arah y) dalam software driver mouse. Nilai inilah yang akan
menjadi ukuran gerakan kursor pada layar monitor.
3. Joystick
Joystick
merupakan alat masukan yang berfungsi membaca data dengan media
mekanis. Joystick digunakan sebagai alat bantu dalam program permainan
komputer. Alat ini pada dasarnya memiliki sebuah tongkat yang dapat
digerakkan hingga 360o. Dengan menggerakkan tongkat tersebut maka akan
keluar sinyal pada komputer sesuai dengan gerakan tongkat tersebut.
Gerakan inilah yang akan ditampilkan pada layar monitor.
4. Scanner
Scanner
adalah alat untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti
gambar, foto, atau tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh
komputer.
5. Kamera digital
Alat
ini digunakan untuk mengambil sebuah objek. Kamera ini tidak
menggunakan roll film sebagaimana layaknya kamera yang kamu kenal selama
ini. Salah satu program komputer yang dapat mengolah foto atau gambar
yang dihasilkan oleh kamera adalah Adobe Photoshop.
6. Mikrofon
Mikrofon
berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer. Alat
ini harus kita hubungkan ke kartu suara (soundcard) agar dapat menerima
input berupa suara. Dengan bantuan perangkat lunak tertentu, input
suara tersebut dapat kita edit dan kita simpan di komputer.
B. perangkat pemrosesan (process device).
Proses
kerja komputer merupakan satu rangkaian kerjasama antar beberapa
komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan atau didominasi oleh suatu
alat, namun paduan dari sejumah komponen. Di bawah ini adalah alat-alat
proses yang digunakan oleh komputer untuk mengolah data
1. Prosessor
Processor
adalah alat utama yang berfungsi mengolah data secara digital.
Prosessor sering dijuluki otak komputer. Perkembangan komputer tidak
terlepas dari perkembangan prosessor dari tahun ke tahun. Bahkan seri
komputer dikendalikan oleh seri prosessor keluaran terbaru. Di
Indonesia, kita mengenal beberapa merek prosessor, di antaranya Intel,
AMD (Advanced Micro Device), PowerPC, dan Cyrix.
2. RAM (Random Access Memory)
RAM
adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses
seketika tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori. Ini
berlawanan dengan sequential memory (memori urut), seperti pita
magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari memori tipe ini
memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Ada beberapa
tipe RAM yang digunakan dalam sistem komputer modern, yaitu SRAM (Static
RAM), DRAM (Dynamic RAM), NVRAM (Non-Volatile RAM), dan DDR RAM (Double
Data Rate RAM). Kapasitas memori bervariasi, mulai dari 512 MB, 1 GB, 2
GB hingga 4GB.
3. Mainboard
Mainboard
merupakan papan elektronik untuk meletakkan berbagai macam komponen
komputer seperti prosessor, RAM, dan komponen lain. Meskipun mainboard
tidak secara langsung tergolong sebagai alat proses, namun keberadaannya
sangat penting dalam komputer. Fungsi mainboard antara lain
mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang pada
komputer. Chipset dan program BIOS yang terdapat pada mainboard
berfungsi untuk mengatur dan mengkomunkasikan data maupun informasi yang
diproses di komputer.
4. Kartu VGA (Video Graph Array)
Kartu
VGA atau VGA card adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan
mainboard dengan monitor. Alat ini berfungsi memproses tampilan pada
layar monitor. Besar kecilnya resolusi dan ketajaman warna yang
ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh monitor juga sangat
ditentukan oleh kartu VGA. Kartu VGA dilengkapi dengan memori yang
besarnya bervariasi mulai dari 512MB hingga lebih dari 1GB.
5. Kartu Suara (Sound Card)
Kartu
suara atau sound card adalah komponen komputer yang berfungsi mengolah
suara. Alat ini dapat digunakan sebagai alat input, alat proses atau
alat output. Kualitas suara yang dihasilkan oleh komputer ditentukan
oleh mutu kartu suara yang terdapat di dalamnya.
C. perangkat penyimpanan (storage device).
Dalam
proses penyimpanan data, komputer mempunyai perangkat tersendiri dalam
menyimpannya. Berikut ini adalah beberapa perangakat penyimapanan dalam
komputer:
1. Harddisk
Harddisk
atau harddrive adalah media penyimpanan yang terletak di dalam kotak
CPU. Alat ini memiliki piringan keras yang terbuat dari logam di
dalamnya sehingga disebut cakram keras. Harddisk diciptakan pertama kali
oleh insinyur IBM, Reynold Johnson, pada 1956. Pada saat itu hardisk
terdiri dari 50 piringan dengan ukuran 0,6 meter, memiliki kecepatan
1.200 rpm (rotation per minutes) dan kapasitas 4,4 MB (4,4 juta byte).
Kapasitas yang terbilang sangat kecil untuk ukuran saat ini.
Perkembangan hardisk begitu pesat. Dari ukuran 0,6 meter menjadi hanya
0,6 centimeter, dari kapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB
(terabyte atau 1 trilyun byte) dengan kecepatan hingga 10.000 rpm. Saat
ini hardisk tidak hanya ditempatkan di dalam kotak CPU, tetapi juga
dijadikan external drive dengan koneksi USB atau Firewire.
2. CD/DVD-ROM
CD/DVD-ROM
adalah alat yang digunakan untuk membaca cakram CD atau DVD. Pada
awalnya alat ini hanya bisa membaca data saja. Perkembangan teknologi
membuat CD/DVD drive dapat menulis atau merekam data pada cakram CD atau
DVD. CD-ROM atau DVD-ROM yang sanggup menulis ke cakram CD/DVD disebut
CD writer atau DVD writer. Secara fisik antara Cdrom dengan DVDrom sama.
Hanya saja kemampuannya yang berbeda. DVDrom sanggup membaca data
cakram cd. Namun sebaliknya Cdrom tidak sanggup membaca cakram DVD.
3. USB Flashdisk
Media
penyimpanan USB flashdisk lebih populer disebut flashdisk. Bentuknya
kecil dengan port USB di ujungnya untuk menghubungkan diri dengan
komputer. Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar, mulai
dari ratusan megabyte hingga beberapa gigabyte. Ukuran yang kecil dan
sifatnya yang mudah dibawa membuat flashdisk menjadi peralatan wajib
bagi pengguna komputer yang harus sering memindahkan data.
4. Disket
Disket
merupakan media penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik
lentur (floopy). Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket
tidak banyak lagi digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa
keperluan khusus.
5. Optical Disk
Optical
disk atau yang sering disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan
berbentuk cakram berdiameter 120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di
tengahnya. Secara fisik, CD dan DVD sangatlah mirip. Namun kapasitas
penyimpanan data keduanya terpaut jauh. CD hanya mampu menyimpan data
hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB, bahkan
17 GB.
D. perangkat keluaran (output device).
Informasi
yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui
alat output. Beberapa alat output yang banyak digunakan dalam sistem
komputer adalah sebagai berikut.
1. Monitor
Monitor
adalah alat output utama dalam sistem komputer yang berfungsi
menampilkan perintah maupun hasil pengolahan data secara langsung.
Dewasa ini kita mengenal dua jenis monitor, yakni monitor CRT (Cathode
Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display). Jumlah warna yang
mampu ditayangkan monitor bervariasi mulai 256 color, 16 bit color (high
color) hingga 24 bit color (true color). Monitor komputer umumnya
memiliki refresh rate (kecepatan pergantian gambar) 60 Hz, 70 Hz, 72 Hz,
75 Hz dan 85 Hz. Besar kecilnya refresh rate monitor dapat kita atur
melalui sistem operasi komputer.
2. Printer
Printer
adalah alat untuk menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk
cetakan. Hasil cetakan dapat berupa teks, angka, maupun gambar. Ada tiga
jenis printer yang saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot
matrix, printer inkjet, dan printer laser.
3. Proyektor LCD
Proyektor
LCD adalah alat yang berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan
komputer ke bidang lain yang lebih besar, misalnya layar presentasi atau
tembok. Alat ini biasanya digunakan sebagai alat bantu saat presentasi
dan rapat maupun sebagai media pembelajaran. Selain dihubungkan ke
komputer, alat ini dapat juga dihubungkan ke VCD/ DVD player sehingga
dapat difungsikan sebagai home theater. Ukuran kekuatan sinar yang
dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan
ANSI lumens. Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas
cahaya yang dipancarkan suatu proyektor LCD.
4. Speaker
Speaker
merupakan alat output audio. Fungsinya mengeluarkan suara dari
pengolahan data audio yang terjadi di dalam komputer. Saat ini, komputer
tidak hanya berfungsi sebagai alat komputasi, namun juga menjadi media
hiburan. Tidak heran jika produk-produk speaker aktif untuk komputer
memiliki kualitas suara yang bagus.
E. Perangkat Periferal (Periferal Device)
Yang termasuk dalam perangkat periferal (periferal device) adalah sebagai berikut:
1. Kartu Jaringan (Network Interface Card)
NIC
atau Network Interface Card adalah kartu jaringan yang berfungsi
menghubungkan satu komputer dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu
jaringan, yaitu kartu jaringan yang menyatu dengan mainboard (onboard)
dan kartu jaringan yang harus ditambahkan pada slot PCI yang terdapat
pada mainboard.
2. Modem
Modem
berfungsi menghubungkan satu komputer ke komputer lain atau ke Internet
melalui jalur telepon. Modem yang merupakan singkatan dari modulator
demodulator mampu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan
sebaliknya. Pada umumnya, modem memiliki kecepatan 56 kbps. Ada dua
jenis modem yang banyak kita jumpai, yakni modem internal dan modem
eksternal. Modem internal adalah modem yang terpasang pada mainboard
komputer di dalam kotak CPU, sementara modem eksternal adalah modem yang
dihubungkan melalui port USB atau port serial dan terletak di luar
kotak CPU.
3. Hub
Hub
atau disebut juga switch hub adalah sebuah alat yang digunakan sebagai
terminal jaringan komputer yang menggunakan kabel UTP. Jumlah port yang
dimiliki hub bervariasi, mulai dari 8, 12, 16, 24 hingga 32 port.
Semakin banyak port yang dimiliki suatu hub, semakin banyak pula
komputer yang dapat dihubungkannya.
UPS
atau Uninterupted Power Supply adalah sebuah alat yang berfungsi
memberikan tenaga listrik cadangan pada saat listrik PLN tiba-tiba
padam. Dengan UPS, komputer masih akan tetap hidup selama beberapa saat
ketika listrik padam sehingga kita berkesempatan menyimpan file dan
mematikan komputer melalui prosedur yang benar.
Sudah jelas kawan-kawan? Yuk, Next lagi :)
Sejarah dan perkembangan mouse
Mouse merupakan salah satu bagian komponen dari sistem komputer. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah. Sama seperti halnya dengan cara kerja mouse. Itulah yang menyebabkan mouse termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Berdasarkan fungsi perangkat kerasnya yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu input device (unit masukan), process device (unit pemrosesan), dan output device (unit keluaran). Mouse ini masuk ke bagian input device (unit masukan). Unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Atau unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Sejarah Mouse
Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard. Selain mouse, yang pada mulanya disebut “bug”, juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan tubuh yang lain, misalnya alat yang diletakkan di kepala untuk mendeteksi gerakan dagu. Karena kenyamanan dan kepraktisannya, mouse-lah yang akhirnya dipilih.
Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus, sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.
Paten bola tetikus pertama. Sebelah kiri adalah roda trek berlawanan oleh Englebart, dengan nomor paten 3541541 (Inggris) November 1970. Gambar tengah adalah bola dan roda oleh Rider, dengan nomor paten 3835464 (Inggris) September 1974. Kanan adalah bola dan dua penggelinding oleh Opocentsky, dengan nomor paten 3987685 (Inggris) Oktober 1976.
Meskipun bentuknya masih terlihat sangat primitif. Namun biar demikian, mouse inilah yang telah menjadi cikal-bakal mouse yang kini Anda pergunakan.
MOUSE BOLA (trackball)
Selain itu ada juga Mouse trackball yang tidak menggunakan kabel atau wireless dan hanya membutuhkan tenaga 5 mA saja. Hal ini dikarenakan kerjanya tidak sepenuhnya elektrik. Ada beberapa komponen yang bekerja mekanik, sehingga tidak membutuhkan banyak tenaga listrik. Perawatannya juga tidak sulit, cukup dibersihkan saja rodaroda mouse, maka mouse dapat berjalan baik kembali.
Pengunaan bola atau yang disebut trackball ternyata tidak selalu di bawah mouse, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. Saat ini, ada beberapa mouse yang menggunaka bolanya di atas mouse sehingga menggunakannya tidak perlu menelungkupkan telapak tangan. Sehingga lebih mudah dan nyaman digunakan ketimbang mouse biasa. Oleh sebab itu, harganya umumnya lebih mahal dan tidak terlalu banyak perusahaan IT yang memproduksinya. Beberapa di antarannya adalah Microsoft dan Logitech.
Bola yang digunakan untuk mouse jenis ini agak sedikit berbeda. Umumnya lebih besar dan licin. Berbeda dengan mouse yang meletakan bolanya di bawah. Bola tersebut cenderung kecil dengan permukaan yang tidak licin. Hal ini dilakukan agar bola dapat berjalan dengan baik atau tidak tergelincir pada permukaan. Oleh sebab itu, untuk menggunakan mouse mekanik dengan bola di bawah seseorang kerap kali harus menggunakan tatakan khusus yang dinamakan mousepad.
Cara kerja mouse mekanik yang meletakkan trackballnya di atas sama dengan kerja mekanik mouse yang memiliki trackball-nya di bawah.
MOUSE OPTIKAL
Mouse optikal lebih unggul dari mouse bola karena lebih akurat dan perawatannya lebih mudah dibandingkan mouse bola. Mouse optikal tidak perlu dibersihkan, berbeda dengan mouse bola yang harus sering dibersihkan karena banyak debu yang menempel pada bolanya.
Selain keunggulannya mouse optik juga mempunyai sebuah kelemahan, yaitu sulit dijalankan pada permukaan yang putih polos. Berbeda dengan mouse mekanik yang sulit jalan di tempat yang terlalu licin, mouse optikal dapat digunakan hampir pada seluruh jenis permukaan. Asalkan permukaan tersebut tidak transparan atau terlalu glossy. Mouse optik juga membutuhkan arus yang lebih besar ketimbang mouse bola atau mekanis biasa. Lima kali lebih besar arus yang dibutuhkan untuk menggerakan mouse ini, yaitu 25 mA.
Cara kerja mouse optikal adalah sebagai berikut: lampu LED menembarkan cahayanya pada permukaan. Lalu, sensor cahaya yang ada pada bagian bawah mouse akan menangkap pergeseran yang terjadi pada cahaya tersebut. Atau dapat juga dikatakan sebagai berikut. Bila mouse mekanik komputer mencatat pergeseran yang dilakukan oleh mouse, sebaliknya dengan mouse optical, komputer mencatat pergeseran yang terjadi pada landasan mouse.
Untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar. Bagaimana sebuah sensor mampu menangkap setiap kali adanya perubahan gambar atau pola. Berkaitan dengan pola, hal inilah yang menyebabkan kenapa mouse optical sulit mendeteksi permukaan yang transparan dan glossy seperti kaca atau papan whiteboard.
MOUSE LASER
Sejarah Perkembangan Keyboard
Komputer terdiri atas beberapa faktor pendukung komponen misalnya pada hardware , software dan juga perangkat lainnya. Disini akan dibahas beberapa sejarah mengenai hardware yang salah satunya adalah keyboard . Keyboard bisa juga dibilang hampir sama cepatnya dengan kita berbicara atau dengan mengetik biasa . Dan keyboard adalah salah satu komponen paling penting dalam computer .Keyboard adalah salah satu komponen hardware yang menghubungkan antara sebuah computer dengan user atau pengguna computer itu sendiri. Keyboard ini mempunyai fungsi sebagai memasukan angka ,karakter ,dan juga huruf huruf serta kaharakter khusus sebagai media pengguna dalam penyimpanan file dan penggunaan file.
Sejarah perkembangan Komputer adalah diawali dengan mengadopsi mesin TIK yang pertama kali diciptakan oleh Christoper Latham sekitar tahun 1886 dan juga dilakukan produksi secara masal setahun kemudian yakni tahun 1887. Keyboard yang ada pada saat ini adalah keyboard qwerty.yang diresmikan sebagai keyboard standart tahun 1973.Dimana jumlah tombol pada Keyboard tersebut adalah 140 tuts,yang saat ini kita kenal beberapa port diantaranya PS2 , usb,wireless,port serial.Dan secara fisik keyboard memiliki key yang disusun sebagai berikut yaitu alphanumeric ,numeric keypadfunction keymodifier key Cursor moement key.
Sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. Sebut saja ASK (American Simplified Keyboard), umum disebut DVORAK yang ditemukan oleh Dr. August Dvorak sekitar tahun 1940.
Secara penelitian saat itu, susunan DVORAK memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih efisien. Tetapi mungkin karena terlambat, akhirnya DVORAK harus tunduk karena dominasi QWERTY yang sudah terjadi pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan mereka tidak mau menanggung resiko rush apabila mengganti ke susunan keyboard DVORAK.
Satu-satunya pengakuan adalah datang dari ANSI (American National Standard Institute) yang menyetujui susunan keyboard Dvorak sebagai versi “alternatif” di sekitar Tahun 1970. Susunan keyboard lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti Hungaria, Jerman, Swiss, dll. AZERTY oleh negara Prancis dan Belgia, QZERTY, dll.
Dan yang sering digunakan atau menjadi Standart yang digunakan oleh seluruh orang didunia adalah penemuan keyboard QWERTY yaitu pada tahuun 1973 dan masih banyak lagi perkembangan perkembangan computer dan juga perkembangan hardware maupun software dan juga perkembangan perangkat lainnya dan juga kita dapat mengetahui semua fungsi dan juga tujuan dari perangkat perangkat computer dengan mengetahui sejarah sejarah perangkat itu sendiri.
Menurut sumber lain :
Keyboard merupakan sebuah papan yang
terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikan kalimat dan symbol-simbol
khusus lainnya pada computer.Jumlah seluruh tombol pada keyboard ada 104
tombol.Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin
ketik.
Keyboard dibedakan menjadi 4, yaitu:
a.Keyboard Serial
Menggunakan Din 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe At
b. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada computer tipe ATX dan paling banyak digunakan, portnya sama dengan mouse.
c. Keyboard wirellessKeyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung koneksi yang digunakan infra red,wifi ataupun Bluetooth.
d. Keyboard USBKomputer terbaru saat ini sudah menggunakan jenis konfistor USB yang menjamin menstransfer data yang lebih cepat.
Struktur tombol pada keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
- Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
- Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian
khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk
memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya
disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
- Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan
beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat
dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi
maupun aplikasi.
- Tombol kontrol (Control keys)
Mouse adalah
perangkat yang berfungsi menggerakan pointer,menunjukan perintah atau
program pada layar monitor.Pada mouse terdapat klikan kiri dan klikan
kanan.Pada klik kiri 1x berfungsi untuk memilih menu atau icon dan klik
kiri 2x untuk membuka menu yang dituju.
OK, NEXT...
Monitor dan perkembangannya
Perkembangan monitor sangat signifikan dari tahun ke tahun. Saat ini terdapat tiga jenis teknologi monitor. Ketiga golongan teknologi tersebut adalah CRT (Cathode Ray Tube), Liquid Crystal Display (LCD) dan Plasma gas.
1. Cathode Ray Tube
Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897, akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerima siaran televisi pada tahun 1926. Sejarah penemuan teknologi CRT sudah lebih dari 100 tahun dan memiliki kualitas gambar yang sangat bagus. Akan tetapi teknologi ini mempunyai satu kelemahan yaitu semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan.
Pada monitor CRT, layar penampil yang digunakan berupa tabung sinar katoda. Teknologi ini memunculkan tampilan pada monitor dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar. Sinar tersebut akan diperkuat untuk menampilkan sisi terang dan diperlemah untuk sisi gelap. Teknologi CRT merupakan teknologi termurah dibanding dengan kedua teknologi yang lain. Meski demikian resolusi yang dihasilkan sudah cukup baik untuk berbagai keperluan. Hanya saja energi listrik yang dibutuhkan cukup besar dan memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup kuat.
2. Liquid Crystal Display (LCD) atau Flat Display Panel (FDP)
Monitor LCD tidak lagi menggunakan tabung elektron tetapi menggunakan sejenis kristal liquid yang dapat berpendar. Teknologi ini menghasilkan monitor yang dikenal dengan nama Flat Panel Display dengan layar berbentuk pipih, dan kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan CRT. Karena bentuknya yang pipih, maka monitor jenis flat tersebut menggunakan energi yang kecil dan banyak digunakan pada komputer-komputer portabel.
Kelebihan yang lain dari monitor LCD adalah adanya brightness ratio yang telah menyentuh angka 350 : 1. Brigtness ratio merupakan perbandingan antara tampilan yang paling gelap dengan tampilan yang paling terang.
Liquid Crystal Display menggunakan kristal liquid yang dapat berpendar. Kristal cair merupakan molekul organik kental yang mengalir seperti cairan, tetapi memiliki struktur spasial seperti kristal. (ditemukan pakar Botani Austria – Rjeinitzer) tahun 1888. Dengan menyorotkan sinar melalui kristal cair, intensitas sinar yang keluar dapat dikendalikan secara elektrik sehingga dapat membentuk panel-panel datar.
Lapisan-lapisan dalam sebuah LCD:
- Polaroid belakang
- Elektroda belakang
- Plat kaca belakang
- Kristal Cair
- Plat kaca depan
- Elektroda depan
- Polaroid depan
Elektroda dalam lapisan tersebut berfungsi untuk menciptakan medan listrik pada kristal cair, sedangkan polaroid digunakan untuk menciptakan suatu polarisasi. Dari sisi harga, monitor LCD memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan monitor CRT. Dan beberapa kelemahan yang masih dimilikinya seperti kurang mampu digunakan untuk bekerja dalam berbagai resolusi, seperti misalnya monitor dengan resolusi 1024 X 768 akan terkesan agak buram jika dipekerjakan pada resolusi 640 X 420. Tatapi akhir-akhir ini kelemahan tersebut sudah mulai di atasi dengan teknik anti aliasing.
3. Plasma Gas atau Organic Light Emitting Diode (OLED)
Monitor jenis ini menggabungkan teknologi CRT dengan LCD. Dengan teknologi yang dihasilkan, mampu membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar CRT.
Plasma gas juga menggunakan fosfor seperti halnya pada teknologi CRT, tetapi layar pada plasma gas dapat perpendar tanpa adanya bantuan cahaya di belakang layar. Hal itu akan membuat energi yang diserap tidak sebesar monitor CRT. Kontras warna yang dihasilkan pun lebih baik dari LCD. Teknologi plasma gas ini sering bisa kita jumpai pada saat pertunjukan-pertunjukan musik atau pertandingan-pertandingan olahraga yang spektakuler. Di sana terdapat layar monitor raksasa yang dipasang pada sudut-sudut arena tertentu. Itulah monitor yang menggunakan teknologi plasma gas.
Setelah kita melihat begitu pesatnya perkembangan LCD, sekarang kita dapat saksikan perkembangan FDP terbaru yang boleh kita katakan sebagai Flat Panel Display Masa Depan. Kenapa FDP terbaru ini kita namakan FDP Masa Depan ? Karena 5-10 tahun yang akan datang mungkin Teknologi LCD akan digantikan posisinya oleh FDP Masa Depan ini. FDP Masa Depan ini berbasis active matrix berteknologi Organic Light Emitting Diode (OLED).
Source :
https://hurahara96.wordpress.com/2013/10/30/monitor-dan-perkembangannya/,
http://teknologi-mu.blogspot.com/2012/09/sejarah-monitor-dan-perkembangannya.html,
http://arekubl.blogspot.com/2014/05/jenis-keyboard-dan-perkembangannya.html,
http://www.aquagaze95.co.vu/2015/04/tugas-ii-interaksi-manusia-dan-komputer.html
http://miftah-otomotif.blogspot.com/2011/11/pengertian-dan-macam-macam-keyboard.html,
https://labkompmtsnbuaran.wordpress.com/tik/sejarah-dan-perkembangan-mouse/,
http://www.zonasiswa.com/2014/10/perangkat-keras-hardware-komputer.html,
http://academia.edu, https://vanzilz18.wordpress.com/2011/03/08/komponen-komponen-pc-beserta-fungsi-dan-cara-kerjanya/