Berpuasa Dapat Turunkan Risiko Penyakit Jantung, Ini Penjelasannya

9:39:00 AM


Berbagai penelitian mendapatkan penurunan gula darah puasa (GDP) dan gula darah sewaktu (GDS), sementara kadar insulin ditemukan mengalami peningkatan. Kontrol gula darah tiga bulan pun didapatkan membaik, yang ditandai dengan penurunan kadar HbA1C.

Selama Ramadan, umat Muslim juga ditantang untuk puasa merokok sejak matahari terbit hingga terbenam. Dengan demikian, diharapkan bulan suci ini dapat menjadi awal untuk usaha berhenti merokok – yang tentunya akan sangat baik bagi kesehatan jantung.

Namun, untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut Anda harus tetap menjaga jenis dan jumlah makanan yang disantap – terutama saat berbuka. Setelah seharian menahan lapar, saat yang ditunggu-tunggu
tentunya adalah waktu berbuka puasa. Namun sering kali karena sudah terlalu lapar, sebagian orang menjadi lupa diri saat menyantap makanan saat berbuka. Jika sudah demikian, biasanya makanan berlemak dan berkalori tinggilah yang dipilih.

Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk memilih makanan sehat untuk sahur dan berbuka, seperti memperbanyak konsumsi ikan, kacang-kacangan, sayur, dan buah-buahan. Sementara itu, makanan yang digoreng, bersantan, berlemak, manis, dan berkalori tinggi harus dibatasi.

ARTIKEL SEBELUMNYA
« Prev Post
ARTIKEL SELANJUTNYA
Next Post »
Komentar Menggunakan Akun Facebook
0 Komentar Menggunakan Akun Blogger